Laman

Sabtu, 24 Juni 2017

Hongkong Steamed Fish (Ikan Tim/Kukus ala Hongkong)

Seharian ini mendadak kepingin banget sama seafood, tapi berhubung kolesterol sedang naik, jadi lupakan udang, cumi, kepiting. Maka mari makan ikan supaya ibu Susi Pudjiastuti senang.

Hongkong Steamed Fish.
Bahan:
1 ekor Ikan segar sesuai pilihan
1 Jahe seukuran jempol
1 batang daun bawang
boleh ditambah cilantro.

Cara masak:
bersihkan ikan
Bersihkan jahe, iris tipis seperti koin
Bersihkan daun bawang, potong jadi 4
Tata jahe dan daun bawang di piring
Letakkan ikan diatasnya
Tata jahe dan daun bawang lagi diatas ikan dan diperutnya
Kukus 10 menit dengan api sedang
Setelah matang, angkat ikan, pindahkan ke piring saji

Sambil kukus, siapkan saus

Bahan Saus
3sdm minyak canola (boleh pakai minyak sayur biasa)
1sdt Gula pasir
1/4 cup kecap asin
*boleh tambah 1/2sdm kecap ikan
1ruas jahe iris korek api
5cm daun bawang, iris tipis

Cara masak:
Campur semua bahan di panci
Didihkan dengan api kecil
Siram keatas ikan
Siap disajikan panas-panas.

TIPS
1.
Hampir di setiap restaurant makanan tionghoa dan seafood ada menu ini.
Paling sering ikan yang digunakan adalah ikan malas, karena teksturnya yang lembut ketika di tim, seakan meluncur di tenggorokan.
Tapi ikan ini cukup mahal harganya, dan untuk dikonsumsi seorang diri, porsinya cukup besar.
Jadi saya ganti dengan ikan mini kerapu. Hasilnya sama-sama lembut dan nikmehhhh...

2.
Pada setiap perayaan imlek, menu ikan dipastikan selalu hadir, karena konon dipercaya sebagai doa keberkahan dari kepala sampai ekor (kaki). Ini juga karena sebutan ikan dalam bahasa mandarin "yu" yang berarti juga "prosperity" (makmur).

3. Menu ini sangat mudah dimasak, dengan bahan sederhana, dan menjadi pilihan sehat karena ikannya ditim/kukus.

4. Untuk hari raya, ikan dapat disiapkan lebih dahulu dan saus dibuat sesaat sebelum dihidangkan, sehingga anda bisa mendapat pujian karena menu ini sangat mempesona. Extra mile: tata ikan dalam piring hot stone yg telah dipanaskan lebih dahulu atau tata ikan dipiring saji dengan pemanas.

#MariMakanIkan #Kusantap

Minggu, 13 September 2015

KBB 48 - Happy 8th Birthday Klub Berani Baking

Stalking this club since 2010 and finally decided to join on 2011. But my membership was approved on 2013, due to its limited member number so there is no opening for two years.

Again, it was not a smooth journey joining this club. Not because of the recipe challenge, but due to time management since i was back to work full-time.
It was so sad seeing my fellow club member finish their challenge, while i can sit and watch.

Finally resigned and decided to focus more in to this business and it was the time to be back doing the challenge again!
Anyway, challenges are what makes us better after all.

If you scan through my pictures of KBB Challenges, you will notice that i started with a zero experiences in food photography. Watching these fellow seniors and members in KBB has motivated me to learn to create a better picture, by using a minimum properties and equipment.

This challenge is not only to challenge my cooking/baking skill but also to challenge my sense-of-art and food photography skill.
It may still lack some in here and there, but hey, can not blame a girl for trying, right? ;)

So, Happy birthday our courageous baking club!
Thank you for being here with me, supporting me, and motivating me to become a better home cook/baker!





Jumat, 13 Desember 2013

3D Avenger Cake

woohoooo..
two (2) 3D cakes orders in a row..

my dream really has come true

this time even harder because the cake was 3level
and the 3D cake was not only the ironman but also the hulk's hand and thor's hammer

and to season the drill

the base cake was started from 40cm, 30 cm, and finally 20cm

how grateful i am when Rollies said the lowest level can be dummy based

the order was a full of drum rolls

since the time was too close with the guitar cake
only a day apart

so then i recommend to have the same base cake

and to make this
i need 2pans of 30cm (height 4cm) cake
2pans of 20cm (height 4cm) cake

and 1pan of 30x30cmx8cm cake to make the Ironman head, hulk's hand and the thor's hammer

biggest issue was RAIN!
that day rain poured heavily

so i preprared loooottttsss of fan to dried the fondant..
fiuh...


and when the cake was deliver, so glad to know that Christopher the birthday boy likes it




3D Guitar Cake

Ever since i can bake,
i have been dreaming to make a 3D cake

its like my top acknowledgement of all
one of it is 3D Guitar Cake


Been making the templates and saving it for almost a year since i return to Jakarta
and finally the chance has come

a lovely girl named sandra just popped up and requested a 3D guitar cake for her baby brother
at first she asked me, i was thinking of an electric guitar
apparently she knew none of her brother's apple so she just assumed it will be an acoustic guitar instead

the order was a lot of fun to do
base cake was Steamed Brownies with Chocolate Chip Ganache Filling
so the taste is like Chocolate Mud

baked 3 recipes for this cake
and the result was the cake length is 100 centimeters!!!
therefore as you can see i took 2 cake plate and combine it by using a styrofoam
thanks GOD, got a help from Lily Tyucake for this

finished baking and delivering, and unfortunately Sandra's mother lost her mobile so we cant reach her and christopher found the cake first
so there goes the surprises..
i'm sorry San...
 

and i'm so delightful to have Sandra's testimony that the cake was great...
thank you for ordering San!
*and happy birthday Topher!




Rabu, 20 November 2013

BUAH NCC

Buat temen2 yg belum tau,
Saya mengawali perjalanan saya didapur dari O (nol)
Sampai th 2011, jadi usia saya itu sekitar 31th (ketauan deh akhirnya umurnya yaaa...), saya tidak diperkenankan masuk dapur oleh orgtua saya
Alasannya simple: takut kebakaran
Padahal saya suka banget dunia kuliner,
Mama saya jg sempet buka catering

Alhasil, saya melampiaskan hasrat terpendam saya melaluiiiii...
Koleksi resep+buku masak
Tiap gajian, nongkrongnya selalu ditoko buku,bagian masakan/kue
Tiap ada book fair, ga pernah absen datang, dan nangkring disitu

Sehingga suatu ketika dith 2010, karena alasan ingin menyelesaikan thesis S2 saya, saya resign dr pekerjaan yg selama bertahun2 menghidupi saya

Pertemuan dgn NCC ibarat dari sawah turun kekali
Dari mata turun kehati
Hihihihi
Ketika resign, ditawarin menghandle PR & Marketing project di salah satu fast food restaurant store chain terkenal dari amerika, dimana salah satu kegiatannya adalah handling media, terutama jurnalis media kuliner
Kenalan dan berujung dengan saya bercerita passion saya, lalu disebutlah satu nama: Fatmah Bahalwan

Otak saya kala itu ga kenal nama tersebut. Krn yg ada ditivi2 kan biasanya para chef2 senior
Lalu oleh temen2 media dikasi tau fotonya+alamatnya
Berbekal itu semua, mulai googling dan dapatlah milis NCC
Trs daftar NCC

Menikmati cepatnya perputaran dunia melalui cepatnya putaran email yg bereda tiap hari
Sampai akhirnya satu tahun kemudian, memberanikan diri ikut kursus.
Kelas yg diambil adalah kelas wajib yg sangaaaattttt direkomendasikan yaitu Cake Dasar
Inget banget itu kelas tgl 8 oktober 2011

Sempet juga tuh janjian dl sm mba astrid, seorang senior yg ngakunya ga bs masak tau2 jagoan lapis legit
Pas dikelas,rasanya paliiiiinnnngggg bego itu angel deh
Karena temen2 lain ada yg uda ambil kelas lain di ncc/minimal uda ngerti dikit2 ttg masak/baking.
Boro2 tau high peak, soft peak, jambul petruk, bedanya kocok+aduk, dsb
Lah wong ini angel lelehin margarine aja gosong jeh!
Berbekal kamera poket+hp, semua materi angel rekam+foto
Semua perkataan mba Fat, angel tanem dalam2 dihati+otak
Salah satu kalimat andalannya mba Fat:
-mau baking, ga perlu alat yg mahal, cukup siapin niat, mikser, loyang kotak 24x24 3biji, trs baskom transparan, oven
-kl mau masak, biasakan kaya masuk laboratorium, semua bahan hrs uda diprepare lebih dulu
(ada lho foto angel berdiri dikursi saking itu kelas full, dan nampaknya gaya itu jadi trend ya,krn setelah foto kelas angel tayang, beberapa foto kursus dimatraman, ada gaya begitu,hahahaha)

Tgl 9 oktober 2011, itu laporan pertama angel (masi ada tuh di arsip laporannya, digoogle jg keluar hehehehe)
Pas hut adik angel, angel buatin brownies kukus andalan NCC
Dihias seada-adanya dgn apa yg ada
Jeruk, waktu itu gatau kalo ada jeruk kaleng. Jadi buah jeruk satu persatu dikopekin (dikupasin,sampe bisa bagus)
Terus gula donat ditabur pake sablonan dr kertas HVS
Pajang di fb & bb, berbuah orderan sejak saat itu
Entah order karena kasian atau karena penasaran angel bisa bikin kue, I never know. Hahahahaha...
Yg jelas ada orderan.
Ngerasain senengnya bisa bikin kue 1x dan ngerasain capenya bikin orderan dengan untung yg mefet. (Maklum, belum belajar ngitung cara jual waktu itu)

Terus mulai setting target. Abis cake dasar mau ayam kodok, mau fondan, mau wedding cake, mau ini, mau itu
Karena uda resign kan, jd apapun hrs ditargetin dulu spy biayanya bisa ditabung dl

Berbekal dari satu loyang, mikser lungsuran, oven pinjeman dsb
Trs berkembang jd skg kue mau model apa aja, angel ada dan bisa buat, hahahahaha

Terus mulai ikut kegiatan off air
Inget banget kegiatan pertama angel waktu itu launching buku biografi mba FB diGramedia Matraman
Trs dibahas cara ngitung cara jual
Dan ilmu2 lain
(Jadi,teman2 sekalian, sering2lah ikut off air NCC yaaaa...)
Salah satu yg paliiiiinnnnggg angel inget, kata2 mba Fat yg ini: tinggal ngomong kl aku jualan kue, apa susahnya si?
Sejak saat itu makin mantap mengumandangkan "angel sekarang kerjanya jualan kue"

Lalu ikut off air berikutnya digramedia blok M, ttg cake decorating
Kenalan sama teteh nicke & bu matre, dapet lagi ilmu watermark foto (karena ketika itu mau laporan chinese food week, syaratnya harus watermark foto. Teteh nicke sama teh yeni masi inget ga ngajarin angel di meja resepsionis kala itu?hihihihihi...)

Baca buku bio mba FB, makin termotivasi
Baca milis, makin banyak selebriti2 NCC nampang dimana2, diliput majalah, tabloid, tivi, dsb
bikin makin terpacu lagi suatu saat angel jg mau kaya gitu

Dan ga cuma itu. Belajar percaya diri juga
Berkenalan dengan keluarga besar NCC, bikin angel sekarang ngomongnya "bisa"
Mau bisa beneran, apa ga bisa kerjain itu orderan, otomatis blgnya "bisa"
Termasuk pede ngikut lomba dekor barbie waktu HMFF 2013, padahal ga pernah pegang fondan sama sekali waktu itu
Lah wong kelas fondan dasarnya aja baru ada di bln agustus 2013 (dananya jg baru ada bln itu sih)
Alat2 fondan pun ketika ikut lomba itu adalah hasil minjem
Hahahahahahaha
Dan jelas ga menang lah.
(Jangan ngarep bintang jatuh deh,angel ga sehoki itu, hahahahaha)
Tapi pengalamannya itu yg ga terlupakan

Diniatin terus, sampai akhirnya sekarang perkara dapur dirumah, telah diserahkan sepenuhnya pada saya, hahahahahaha
Dan ibarat bola salju, terus bergulir, dr orderan kecil, sampe orderan yg harganya bisa beli satu tas bermerk terkenal
Seperti kata mba Fat: jalani semua, satu persatu, nikmati+syukuri semua prosesnya

Dan ini jg BUKAN perkara mudah
Ada kalanya jenuh melanda,
(Untung uda ada Cerita Centong)
Ada kalanya down, apalagi kl dikata2in "km susah2 gelarnya master, kerjanya cm jualan kue"
(Tapi angel memotivasi diri sendiri, mas Wis yg S2 dr luar negeri jg ikhlas bikin dus kue utk mba Fat,hehehehehe)

Ada kalanya kesel jg kl diomelin,
Dan bukan sekali dua kali jg angel kena centong di milis, hahahahaha
(jd buat member2 baru: tenang, kl dicentong, selalu anggap itu krn sayang. Kl ga dicentong, gatau salahnya dimana, jd ga belajar kan)

Bahkan pernah juga dapet project diluar pulau selama 3bulan, yg mana itu tuntutan kerjaan+resikonya bener2 luar binasa, bukan hanya luar biasa.
Hanya memasak dan NCC lah yg bisa menyelamatkan saya dari stres tingkat tinggi
Dan berkat NCC jg jd bisa punya temen di semua kota, termasuk dikota tersebut
*halo mba riri suto...

Dannnnn....
Sampai akhirnya berkat dukungan NCC inilah, saya yg awalnya ga bisa ngapa2in didapur,
besok kamis 21 Nov 2013, pkl 17.00-17.30, saya diberikan kesempatan demo masak di Fountain Atrium Grand Indonesia, yg di sponsori oleh salah satu koran nasional terbesar di Indonesia dan salah satu perusahaan alat makan dari Orlando, USA

Angel yg lalu, ga terbayang kalau akan seperti ini, kalau bukan karena NCC

Terimakasih NCC, terimakasih mba Fat, para moderator+pengajar (mas Wis, mba Dewi Anwar, mba Na, mba Eka, Mami Riana, teh Yeni, Mbu Anti, mba Peni, dan Mba Widya),

Terimakasih temen2 NCC yg super rusuh : ci Lily Tyucake, Bu Cit, teh Nicke, mba Arni, Bu Uban, bu Yanti Saleh, mba Sindhi, Mba Novita, ci Yuli, ci Shirley, mba Besta, mba Yuliana, mba Endah Ienk, mba Mimi Itul, mba Iin Sidharta, mba Enny Lampung, mba Inna Ahmad, mba Ayoe L Sari, mba Santy Salwa dan teman2 lain yg sudah ga sanggup saya sebut satu persatu lagi saking banyaknya

Terimakasih sudah meluangkan waktu mengajari, membimbing, menegur & memotivasi saya
Demo besok, sincerely & proudly dedicated for NCC

I believe, this is not the end tapi another new step to begin a new chapter of my life, so thank you NCC for being part of it

*Kalo ada waktu lowong & teman2 berkenan, silahkan datang ya..
Kita ngobrol2, makan2, seru2an bareng disana

Kalo ga sempet hadir, mohon doa restunya agar semua lancar ya..
Amiiinnnn...

*colek mba mimi itul: doain aku cepet nikah ya mba, calonnya uda ada niiiii, wajahnya mirip park kwang hyun loh, Hehehehehehe



Best Regards
Angelia Novincy Umboh

Kamis, 07 November 2013

Beehive Cake

Dapat orderan dadakan itu rasanya "sesuatu" banget ya
apalagi kalo dadakannya itu hanya dalam hitungan jam

orderan kali ini termasuk dalam kategori tersebut
diorder pukul 21.30 WIB, untuk diambil pukul 10.00 WIB keesokan harinya
mintanya 3D cake pula, Full Fondant
Orderan "bunuh diri" namanya


tapi berhubung orderannya utk anniversary celebration
dan bakulannya juga jomblo
maka atas nama CINTA dan agar sang bakulan semakin enteng jodoh
orderan pun diterima.

customer si requestnya ga macem-macem
cuma bilang mau sesuatu yg unyu2

so, karena lebah adalah "sesuatu" bagi mereka
diputuskan mengambil tema Beehive
dan langsung di-approve
*iyalah langsung approved, kl pake mikir lama, gila aja tu customer, mau kelar jam berapa itu kuenyahhhhh..



Base Cake Brownies Kukus NCC
Decoration adapted from Buku Cake Decorating Fondant NCC


komentar customernya puas banget
wah bakulnya jadi seneng, semoga awet yaaa...
ga sia-sia deh begadang.
udahannya bakulnya tepar 18jam tidur ga bangun2, hahahahahaha...

Senin, 30 September 2013

KBB #36-White Wedding Cakes & NCC Chocolate Week

Ini sebenernya challenge dari KBB
tetapi berhubung bahannya ada coklatnya
jadi sekali buat, laporannya bisa utk 2 event, hohohohoho.. *devilish laugh

yg seru adalah pada resep ini juga diberikan resep modelling fondant!
yup, membuat fondant sendiri loh...


Yang perlu diperhatikan adalah kue yg yg akan didekor fondant sebaiknya mengurangi takaran gula dalam pembuatan kuenya, karena fondantnya sendiri manis buangettt...

Juga pada saat menguleni adonan fondant, harus bersih karena sanggup mengundang koloni semut transmigrasi

Pembuatan kuenya sendiri cenderung mudah, time-less dan MIXER-LESS. alias tidak perlu mixer
sehingga resep ini bisa jadi alternatif baking dengan sedikit alat 
*angel hanya menggunakan garpu dan spatula loh saat pengocokan dan pengadukan...

mikser digunakan hanya ketika membuat RI. Yang mana jika tidak ingin menggunakan RI, ya menempelkan fondantnya bisa menggunakan air saja / lem khusus makanan
dan membutuhkan waktu cukup cepat (kaya tantangan quick fire gitu deh..*colek beng masterchef), bahkan proses pemanggangan di resep tertera 45 menit, tapi di oven angel cuma butuh waktu sekitar 30menit *kenali oven masing2 ya

Setelah membuat RI, RI sebaiknya ditutup dengan serbet basah, tapi angel tutup dengan cling wrap. Menutup langsung di RI nya, sehingga tidak mengundang semut dan tidak membuat RI cepat keras/kering

Berikut Angel post resep originalnya. 
substitute ingredients/modification bisa dilihat disebelahnya ya..

White Chocolate dan Apricot Mud Cake
Sumber: AWW Cupcakes, Cheesecakes, Cookies. ACP Books, 2001.

125g mentega, cincang kasar angel: 100gr margarine+25gr minyak sayur
75g white chocolate, cincang kasar
220g gula caster
125ml susu cair angel: 1/2cup susu bubuk yg dicairkan
105g tepung terigu
75g tepung self-rising TIPS: bisa diganti dengan 75gr terigu+1/2sdt BPDA+1sdt baking soda
75g manisan apricot kering, cincang kecil-kecil angel: 75gr chocohips
½ sdt ekstrak vanila
1 btr telur
110g apricot jam, hangatkan, saring angel: 110gr chocolate ganache, suhu ruang
80g icing sugar
900g fondant putih (buat modelling fondant menggunakan resep  dibawah ini sebanyak 3x)

Modelling fondant
2 sdt gelatin bubuk angel: 2sdt gelatine sheet, caranya gelatine sheet dipotong kecil2 hingga memenuhi sendok teh
1 ½ sdm air
2 sdt glucose syrup angel: 2sdt corn syrup
240g pure icing sugar (bukan icing sugar mixture) angel pakai merk fiesta
80g ekstra pure icing sugar

Cara Membuat Modelling fondant:
Tabur gelatin di atas air dalam mangkuk (atau cup); letakkan di atas panci berisi air panas di atas api kecil, aduk-aduk hingga gelatin larut; tambahkan glucose. *bila menggunakan gelatin sheet: Gelatin direndam dulu di air dingin selama 1 menit, remas2 baru digabung dengan bahan lain

Letakkan sebagian dari icing sugar yang telah diayak ke dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan campuran gelatin.

Masukkan sedikit demi sedikit sisa icing sugar. Uleni sampai lembut, di atas meja kerja yang telah ditaburi ekstra icing sugar. Bungkus dengan plastik sampai nanti diperlukan.

Royal icing
240g pure icing sugar
1 putih telur
½ sdt lemon juice angel pakai air hasil perasan lemon/ bisa diganti dengan cuka

Cara membuat Royal Icing:
Ayak icing sugar dengan ayakan dengan saringan sangat halus.

Kocok ringan putih telur dengan mixer, tambahkan icing sugar sedikit demi sedikit (sesendok makan).

Ketika icing sudah mencapai pucuk lancip, gunakan sendok kayu untuk mengaduk lemon juice ke dalamnya; tutup rapat dengan plastic wrap.



Cara Membuat White Wedding Cakes


  1. Buatlah Modelling fondant terlebih dahulu (lihat cara membuat modelling fondant di atas). Di meja kerja, taburi icing sugar ekstra, gilaslah fondant dengan ketebalan kira-kira 3mm. Buatlah bunga menggunakan cetakan bunga ukuran 3,5cm dan 1,5cm. Bentuklah bunga dengan ball tool; keringkan di atas serbet dapur yang bersih.
  2. Panaskan oven suhu 170C atau 150C fan-forced. Alasi Texas muffin tins (cetakan cupcake/muffin yang besar ukuran ¾ cup atau 180ml) dengan cupcake cases.
  3. Campur mentega, chocolate, gula dan susu di dalam panci; aduk dengan api kecil hingga lembut. Pindahkan adonan ini ke dalam mangkuk berukuran sedang, biarkan mendingin selama 15 menit.
  4. Masukkan tepung-tepung yang telah diayak, apricot, ekstrak dan telur sambil diaduk rata; bagi rata ke dalam cetakan muffin.
  5. Panggang selama sekitar 45 menit. Angkat cakes dan pindahkan ke atas wire rack supaya dingin.
  6. Sementara itu, buatlah royal icing (lihat cara membuat royal icing di atas). Sendokkan icing ke dalam piping bag dengan spuit polos kecil, tetaplah tutup icing dengan serbet lembab supaya tidak kering.
  7. Keluarkan cake dari kertasnya. Trim pinggiran cakes sehingga bisa membentuk silinder yang rapi ketika ditumpuk. Satukan dua cakes (menjadi tiga silinder) dengan apricot jam; olesi cakes dan sisi-sisinya dengan sisa apricot jam.
  8. Di atas meja kerja yang sudah ditaburi icing sugar, uleni fondant hingga lembut. Bagi tiga bagian yang sama. Gilas setiap bagian dengan ketebalan sekitar 5mm. Tutup ketiga silinder cake dengan masing-masing fondant. Trim alasnya dan haluskan permukaan fondant.
  9. Semprotkan royal icing di belakang masing-masing bunga; tempelkan ke atas cake. Semprotkan bentuk titik di tengah setiap bunga dan di sekeliling base cake (untuk border di cake sebelah bawah).


    *resep ini juga diposting DISINI

    September memang selalu ceria ya..
    dan September 2013 istimewa karena banyak hal manis yg terjadi seperti pernikahan, kelahiran, dsb
    dan juga karena akhirnya Indonesia menetapkan 16 Sept sebagai Hari KAKAO


    *Tahukah kamu INDONESIA dikenal sebagai penghasil kakao terbaik di DUNIA????